Sesuai judulnya Email Blackberry Error – Tidak Bisa Menambahkan Account, hal ini terjadi pada saya sore ini, tepatnya kasus ini adalah ketika saya ingin mengganti kartu saya dari tri ke xl. Seharusnya ketika kita masuk kesettingan email, kita akan menemukan beberapa account yang bisa kita tambahkan, akan tetapi hal tersebut tidak saya temukan. bahkan hanya ada satu pengaturan email dari @tri.blackberry.com.
Berbagai cara sudah saya coba, dari mengapus semua service book lalu meregister lagi host routing table hingga merestart blackberry berulang-ulang. tujuannya tentu agar pengaturan blackberry kembali ke semula. akan tetapi pengaturan email tri masih menempel di blackberry saya.
Solusi yang saya tempuh akhirnya adalah dengan merestore blackberry ke settingan pabrik, atau dalam kata lain wipe. untuk melakukan wipe ini tentu akan menghapus semua pengaturan bahkan contact BBM dan contact phone. Oleh karenanya yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:
- Backup blackberry anda terlebih dahulu menggunakan software bawaan blackberry “Blackberry Desktop Manager”.
- Wipe blackberry anda dengan Options > Security > Security Wipe ceklist pada emial, contact, etc (tidak pada yang lain), lalu tulis “blackberry” dan wipe data.
- Jika step no 3 berhasil maka blackberry akan melakukan restart dengan sendirinya.
- Masuk ke settingan email dan lakukan seperti biasa. (anda sudah dapat menambahkan account email pada blackberry anda).
- Restore kembali blackberry contact dan BBM anda beserta pengaturan yang lain.
Ya, jadi intinya adalah mengembalikan pengaturan blackberry ke pengaturan normal. dengan wipe data maka pengaturan provider sebelumnya akan terhapus dan digantikan dengan provider yang baru. tidak semua provider meninggalkan pengaturan sehingga kasus ini tidak selalu ditemukan ketika kita mengganti kartu dari provider lama ke provider baru.
kalau sudah dibackup menggunakan http://www.inzacky.com/2013/04/backup-dan-restore-blackberry.html maka semuanya akan aman ketika kita melakukan wipe pada blackberry. jangan khawatir 🙂
oiya.. untuk 3 yang 6 bulan tidak bisa untuk email selain dari @tri.blackberry.com
KAlau sdh d backup contak di bbm tetap terjaga tdk ya.?
Setup email pakai wifi bisa tdk.?
Fullservice nya 3 yg 6 bln bisa push brpa email.?
kalau di OS 6/7 setup email berada di dalam setup wizard gan. emang tidak ada icon di luar/folder, kurang tahu kalau OS 5. kalau ga salah 8530 OS 5 kan gan..? seharusnya kalau memang statusnya sudah teraktifasi email sudah bisa digunakan. coba agan kirim email ke email tersebut.
masalahnya apa hanya icon yg tidak ada atau tidak bisa kirim dan terima email gan?
kalo di folder nya gak ada icon setup email itu gmn gan…? trs sy buka setup wizard>setup email> keluar tulisan "your email account is already activated for enterprise use"….itu gmn gan…? sy pake 8530 cdma…mohon pencerahan nya gan….
apa paket yang digunakan full bis? kalau iya, seharusnya bisa add email, kalau tidak bisa coba lakukan tutorial di atas. kalau masih tidak bisa hubungi call centernya
Mau Tanya dunk, kalau masih pakai no 3 tetap tidak bisa add email ya?
maksudnya apa namaemail@blackberry.com? kalau iya, memang alamat email ini tidak tersedia. email yang benar adalah namaemail@namaprovider.blackberry.com solusinya ya waktu anda mendaftar pakai alamat email yg mana? namaemail@esia.blackberry.com tanpamenghilangkan kata "esia"
namun jika permasalahan anda tidak dapat menambahkan email selain @esia.blackberry.com, misal: @gmail.com @yahoo.com @live.com dan sebagainya, maka ikuti tutorial di atas. sebelumnya harap dipastikan bahwa Blackberry anda berada pada paket yang membolehkan push mail lebih dari 1 email 🙂
Saya pakai esia. Saat pertama registrasi email berakhiran @esia.blackberry.com Selanjutnya saya ganti dengan menghilangkan kata esia, malah email error nggak bisa terima. Bagaimana solusinya?